Mahasiswa KKN Unisba Blitar Ajak Peternak Manfaatkan Limbah Pertanian
Artikel berita - Kategori Kegiatan Fakultas | Diposting pada : 2018-12-05 -|- 02:12:am
Share this article on

unisbablitar.ac.id, Blitar - Para mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Udanawu diharap mampu melakukan kegiatan dengan  mengutamakan pembedayaan masyarakat.

Terutama pemberdayaan untuk pengentasan kemiskinan melalui upaya pergerakan, dan menjadi motivasi bagi masyarakat.

Salah satu upaya tersebut seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok Desa Temenggungan.

Mereka menggelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi dan Jamu Tradisional untuk Kesehatan Ternak Sapi.

Pelatihan yang digelar pada Rabu (5/9), menghadirkan narasumber Nita Opi (Dekan Fakultas Peternakan Unisba Blitar) dan Anang Widigyo (Dosen Fakultas Peternakan Unisba Blitar). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan petani desa setempat.

Dalam paparannya selaku narasumber, Anang menyampaikan beberapa manfaat pemakaian pakan ternak fermentasi.

Pertama yakni Dapat mempertahankan pakan ternak tanpa mengurangi jumlah nutrisinya.

Kedua menambah nafsu makan hewan ternak, sehingga pertumbuhan hewan ternak akan lebih maksimal.

“Ketiga mengurangi bahkan menghilangkan efek samping dari pakan hijauan terutama hijauan muda yang mengandung banyak air yang mengakibatkan ternak kembung dan mencret. Limbah dari kotoran dan urine hewan ternak akan lebih berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk yang baik atau biogas alami,” jelas Anang.

Sementara Pramono selaku Kepala Desa Temenggungan mengucapkan rasa terimakasih kepada mahasiswa KKN Unisba Blitar yang telah mengadakan kegiatan pelatihan.

Dia berharap dari kegiatan ini akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Desa Temenggungan.

“Terimakasih kepada mahasiswa KKN Unisba sudah mengadakan kegiatan ini, masyarakat dapat meningkatkan perkembangan ternak dan tidak mengandalkan obat-obat kimia sebagai jamu ternak. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan desa khususnya para peternak,” kata Kades Pramono.

Kesuksesan kegiatan pelatihan yang diadakan mahasiswa KKN Unisba Blitar ini dapat dilihat dari besarnya antusias peternak yang dating dan menyimak materi yang disampaikan dengan baik dan aktif mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber.

Selain memberikan pelatihan berupa materi, mahasiswa KKN Unisba Blitar juga mengajak para peternak untuk praktik langsung membuat pakan fermentasi dan jamu tradisional menggunakan kimbah pertanian.



 


P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur